DENTAL HEALTHY

Gigiku Kuat Mulutku Sehat

Senin, 21 Juni 2010

Gigi Berlubang atau Karies


Gigi adalah jaringan tubuh yang paling keras di banding dengan yang lainnya. Struktur gigi berlapis-lapis, mulai dari email yang amat keras, dentin (tulang gigi)di dalam nya dan pulpa yang berisi pembuluh darah, pembuluh saraf, dan bagian lain yang memperkokoh gigi. Namun demikian, gigi merupakan jaringan tubuh yang mudah sekali mengalami kerusakan. Ini terjadi ketika gigi tidak memperoleh perawatan semestinya.
Proses kerusakan gigi geligi di awali dengan adanya lubang gigi atau di sebut juga karies. Karies adalah kerusakan yang terbatas pada jaringan gigi mulai dari email gigi hingga menjalar ke dentin. Struktur email sangat menentukan proses terjadinya karies. Permikaan email luar lebih tahan terhadap karies di banding lapisan di bawahnya, karena lebih padat dan lebih keras. Untuk menjaga kekerasannya, email sangat membutuhkan ion kimia yang di sebut fluor.
Penjalaran karies mula-mula terjadi pada email. Bila tidak segera di bersihkan dan tidak di tambal, karies akan menjalar ke bawah hingga sampai ke ruang pulpa yang berisi pembuluh darah dan pembuluh syaraf, sehingga menimbulkan rasa sakit dan akhirnya jaringan gigi akan mati.
Faktor Penyebab
Banyak sekali faktor yang menyebabkan karies. Faktor yang utama antara lain :
1. Gigi dan air ludah. Bentuk gigi yang tidak beraturan dan air ludah yang berlebihan
yang mengandung ph asam,mempermudah terjadinya karies.
2. Adanya bakteri penyebab karies. Bakteri yang menyebabkan karies adalah dari jenis
Streptococcus dan Lactobacillus.
3. Makanan yang kita konsumsi. Makanan yang mudah lengket dan menempel di gigi seperti permen dan coklat., memudahkan terjadinya karies.
Faktor lain yang menyebabkan karies adalaha tingkat kebersihan mulut, frekuensi makan, usia, jenis kelamin dan prilaku terhadap kesehatan gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar